05/03/08

Peluang Bisnis Portal di tahun 2008 - 2010

Portal online menjadi incaran para pebisnis online, muculnya portal portal baru di awal tahun 2008 ini menunjukan bahwa peluang bisnis ini semakin besar.
Tidak salah jika banyak investor mendepositkan sebagian dananya ke bisnis portal online. Secara kasat mata, bisnis ini dapat diprediksikan menjadi arena dan pasar yang cukup besar 2 tahun kedepan.


*Fakta*
Jumlah pembaca berita online sudah melebihi jumlah pelanggan koran konvesional, artinya pasar sudah mulai bergeser ke dunia internet. Tingkat percepatan penyampaian berita, kemudahan dan kemurahan pencarian berita menggunakan internet setidaknya menjadi salah satu pemicu mengapa pasar lebih memilih untuk mencari informasi di internet daripada harus berlanggan koran setiap hari.

Seberapa besar peluangnya


Sebagai contoh salah satu portal berita yang cukup sukses di Indonesia, dengan lebih dari 6 juta page view tiap bulanya, detik mampu menggaet pemasang iklan banner dan teks di websitenya. Meskipun setiap iklan banner di hargai rausan juta rupiah, tapi tetap saja pelanggan rela mengantri untuk bisa mengisi space space yang ditawarkan.

Mengapa sebuah portal bisa sukses sedang yang lainya gulung tikar dalam waktu kurang dari 1 tahun ?
Kebanyakan portal yang sukses, telah tahu betul apa yang di inginkan oleh kedua belah pihak, yaitu si pemasang iklan dan si pengunjung website.

Dari segi layout, pemilik portal harus memperhatikan tampilan portal agar user friendly dan advertiser friendly, kemudian dari kecepatan load page juga harus diperhatikan, semakin ringat dan cepat user membuka sebuah halaman portal maka akan semakin cintalah dia.

Pemilik portal harus mampu memonitor secara details informasi pengunjungnya :
1. Berapa banyak pengunjung
2. Berapa lama berkunjung
3. Kapan berkunjung
4. Bagian mana yang di kunjungi
5. Mengapa berkunjung
6. Darimana berkunjung
7. Kapan berkunjung balik

Bisnis portal susah susah gampang, namun tidak ada salahnya kalau kita terjun kedunia ini, skema peluangnya sebagai berikut.

1. Internet semakin murah dan mudah
2. Banyak para pengguna internet baru
3. Yang dilakukan oleh si pengguna internet baru untuk pertama kali selain belajar membuat email adalah mencari komunitas dan informasi. ( Informasi akan di dapat dari portal anda )

Seberapa besar anda mampu melihat peluang ini ?