03/02/08

Seberapa penting sih mempelajari dunia marketing itu?

Apakah kita (pemilik web or blog) sebagai salah satu pelaku yang terlibat dalam dunia bisnis online dapat dikatakan seorang marketer atau hanya sekedar menyamar sebagai seorang marketer?. Bingungkan?..sama saya juga bingung..hehehehee.

Ok mari kita coba buka kulitnya (mang kacang?..hehehe), maksudnya kulit permasalahannya.

Menurut pendapat saya, marketing-> tujuan utamanya adalah Bagaimana mengungkit daya jual suatu produk/jasa, dan berusaha memberikan rating yang baik terhadap produk/jasa itu sendiri di mata masyarakat.
Mempelajari dunia marketing (strategi pemasaran ) sangat penting untuk menampilkan sesuatu dibutuhkan pelanggan. Jika penanggung jawab, pengelola, pemilik dari suatu web/blog tidak mengerti marketing, maka dia lebih memfokuskan kepada perusahaan maupun produk di mana dia bekerja. Jika apa yang dia tulis mencerminkan kebutuhan pelanggan, misalnya kebutuhan pelanggan akan kepastian kehebatan suatu merek atau perusahaan. Pada tahap ini, sudah cukup baik. Tetapi akan lebih baik kalau terus berusaha mengerti kebutuhan pelanggan, jadi intinya bagaimana mengerti atau mengenali kebutuhan dari pelanggan itu sendiri pada situasi dan kondisi apapun itu.

Pelanggan biasanya mencari produk tertentu sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Mereka mempunyai kriteria atau spesifikasi tertentu yang berbeda dengan spesifikasi yang kita tentukan. Jadi sebuah pertimbangan yang relatif. Di sinilah dituntut kejelian kita dalam melihat apa-apa saja sebearnya yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan.

Kita juga harus berhati-hati menampilkan feature-feature produk. Tonjolkanlah apa yang memang benar-benar dibutuhkan pelanggan.
Pelanggan juga membutuhkan informasi yang pasti (availability) terhadap adanya barang tersebut berikut harganya. Pelanggan senang jika menemukan informasi harga.

Godaan yang terbesar bagi yang tidak mengerti marketing biasanya melakukan pendekatan dari dalam ke luar. Apa yang menjadi kekuatan perusahaan ditonjolkan. Jadi semua identitas menjadi kurang begitu real . Paling kronisnya, seseorang itu terkadang melebih-lebihkan apa yang baik di perusahaan tempat dia bekerja. Ini bukan strategi pemasaran yang baik. Dan cenderung gagal.

Bagi yang mengerti marketing, dia akan menonjolkan dari luar ke dalam, apa yang menjadi kebutuhan pelanggan dikelola, dan diwujudkan dalam ide-ide inovatif untuk melayani kebutuhan pelanggan. Objektifitas juga sangat ditonjolkan. Ini akan menambah loyalitas pelanggan dalam jangka panjang. Merupakan strategi pemasaran yang baik.

Ternyata gampang-gampang susah juga ya sobat menjadi seorang marketer yang baik !. Tapi kita jangan cepat menyerah, berjuang teruss..:) siip!

Al Mansur mengatakan...

Thx mas said, siap aku juga lg belajar adsense koq. Blogku yg lain www.cool-rides.blogspot.com...Pls visit yea!

Anonim mengatakan...

Ok mas..:)

Anonim mengatakan...

Thx atas infonya mas..:D